Senin, 12 Mei 2014

Bergerak atau Tergantikan



Ketika kita melakukan sesuatu yang bermanfaat disini, banyak orang diluar sana yang mencacimaki tindakan kita. Ketika kita tidak tidur untuk membela yang lemah disini, ada banyak golongan diluar sana yang membicarakan kejelekan kita. Bahkan ketika kita berjuang untuk nama almamater di luar sana, ada banyak juga dari mereka yang menertawakan tingkah kita. 


Tetap tersenyum dengan kesederhanaan kita, itulah ungkapan yang tepat untuk keluarga kecil ini. Keluarga BEM KM UGM #bangkitbergerak 2013.

Terlalu banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa kuambil dari mereka.  Semuanya terlengkapi, ada cinta disini yang selalau mengiringi tawa ini, ada kasih disini yang selalu mendampingi malam-malam perjuangan itu, bahkan ada air mata yang jatuh bersamaan dengan derap langkah kami. Saat mereka mengajarkanku bagaimana artinya berjuang untuk suatu hal yang harus diperjuangkan, bahkan ketika kita harus berjuang sendirian. Mereka juga mengajarakanku bagaimana caranya tersenyum di tengah derasnya masalah yang melanda.
Organisasi kali ini bukan organisasi biasanya denga setumpuk laporan pertanggung jawaban atau proposal kegiatan. Mereka disini semuanya adalah keluarga tanpa terkecuali, terlalu banyak waktu yang dileawatkan bersama hingga lupa kita sudah satu tahun penuh bersama-sama berjuang. Terlalu berharga setiap malamnya untuk dilewatkan sendiri di dalam kamar. Kami semua memilih untuk berkumpul di tempat hangat tersebut walaupun hanya untuk saling berbagi keluh kesah sepanjang hari tadi, untuk bertukar pikiran atau sekedar membunyikan bait puisi tak bertuah semata, kadang ada saja cerita lucu yang terlontar untuk menghiasi wajah-wajah lelah para aktivis ini. 

Keluarga besar yang terbilang lengkap dengan sosok seorang ayah yang diberikan oleh sang ketua didalam rumah ini, beliau hanya terpaut dua hingga tiga tahun dari kami para staff biasa. Namun pembawaanya yang dewasa, membuat kami nyaman bersamanya. Bercerita banyak hal, hingga meminta pendapat tentang suatu keputusan yang bahkan tidak ada hubungannya dengan organisasi. Orang ini merangkul seluruh orang-orang yang berada di rumah ini. Dia tak henti-hentinya mengingatkan kita untuk selalu berbuat kebaikan. Tak pernah aku melihat kerutan kelelahan atau keputus asaan di wajahnya. Walaupun aku tahu, banyaknya cemoohan atau cibiran orang luar tentang pergerakan kami disini. Namun yang hanya dia tampakan adalah selalu goretan kegembiraan, kesenangan, dan kebahagiaan yang ingin ia tularkan pada kami semua disini. Terkadang ada yang hilang ketika dia tidak berada disini untuk waktu yang lama.
Sosok ibu diberikan oleh seluruh wanita hebat yang memimpin kami disini. Mereka selalu menjadi pelarian para staff ketika kami mengalami masalah. Yakinlah, para wanita ini selalu memiliki solusi dari segala masalah yang kita hadapi. Perantauan ini tidak sempurna berasa perantauan. Karena di tanah perantauan ini ada kalian semua, keluarga besar lengkap dengan kehangatan didalamnya, Kenyamana, dan inspirasi nyata kalian semua.
Saat kisah pendek ini dituliskan, kita sedang tidak bersama lagi. Telah ada keluarga baru yang mencoba menghiasi kami yang tersisa disini. Kalian kakak-kakak penginspirasi sudah menggenggam impian kalian masing-masing. Tersisa kami yang masih muda disini untuk meneruskan perjuangan kalian, pergerakan mahasiswa tidak akan pernah mati. Apapun keadaanya, bagaimanapun itu, kalian semua juga tidak tergantikan. Satu hal yang selalu aku dan staff lainnya ingat yaitu adalah “bergerak atau tergantikan!”

0 Obrolan:

Posting Komentar