Selasa, 29 November 2016

Surat Keterangan Bebas Narkoba


Kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang cara mendapatkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) untuk pelajar atau fresh graduate. Jarang-jarang loh saya mengulas tentang pengalaman pribadi tapi karena saya rasa ini sangat dibutuhkan banyak orang dan referensi blog terkait  info tentang SKBN itu tidak banyak, jadi gak ada salahnya kalau saya membahasnya.

Surat Keterangan Bebas Narkoba itu saya butuhkan untuk melamar suatu pekerjaan dan melanjutkan kuliah. SKBN biasanya hanya berhak dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) atau RSUD daerah setempat. Sayangnya, tidak semua BNN melayani pengecekan tes urine dan BNN tidak berada disemua kota. Budget yang harus kita keluarkan untuk tes narkoba tidak murah loh, jadi kamu harus pandai-pandai survei dan mencari informasi terkait pelayanan, harga dan durasi waktu penerbitan surat keterangannya.

Langkah awal yang saya lakukan adalah mensurvei beberapa tempat dan mencari referensi via telepon dan internet. Beberapa RSUD melayani pengecekan narkoba tetapi harganya terbilang sangat mahal ketimbang jika kita melakukan pengecekan di BNN. Di RSUD kota Bogor yang beralamat di Jl Dr. semeru harganya bisa mencapai Rp. 300.000,- loh. Mohon maaf jika info ini salah, saya tidak sempat mengeceknya sih tapi saya mendapatkan informasi dari teman yang satu bulan lalu mengadakan pengecekan disana. Bisa atau tidaknya memakai BPJS atau Kartu Indonesia sehat? saya juga kurang mengetahui info tersebut.

Sebenarnya Puskesmas Kota Bogor yang berlokasi di belakang Gor Padjajaran itu juga menyediakan pelayanan tes narkoba loh, adik saya melakukan pengcekan disana saat melamar menjadi Polisi. Harganya murah hanya Rp. 100.000,-  tapi saya tidak yakin apakah pengecekan tersebut sifatnya insidental saat ada lembaga yang merujuk atau memang ada setiap saat. Saya juga tidak tahu apakah hasil ujinya disetarakan dengan hasil uji RSUD atau tidak, karena labelnya masih Puskesmas jadi saya meragu untuk tes narkoba disana. Bukan meragukan hasil ujinya loh, hanya keberlakuan SKBNnya. Masalanya, tempat saya melamar pekerjaan hanya menerima SKBN yang diterbitkan RSUD dan BNN.

Akhirnya saya mulai mencari informasi BNN yang bisa mengeluarkan SKBN. BNN Pusat ada di daerah Cawang tapatnya di Jalan Letnan Jendral M.T. Haryono No.11. Dulu BNN disana bisa mengeluarkan SKBN tapi info terakhir BNN disana sudah tidak bisa menerima layanan cek narkoba (November 2016). Saya kemudian berpindah mencari info di BNN Provinsi Jakarta, yaitu di Jl HR Rasuna Said, saya-pun mendapat detail info melalui telepon. BNN tersebut bisa mengeluarkan SKBN secara gratis tapi kita harus membeli alat-alat tes yang dibutuhkan sendiri. Alat-alatnya antara lain adalah Urine cup 1000 cc dan Rapid-Test 6 Paramete. Sedikit senang dan berpikir bahwa budget yang akan saya keluarkan dibawa seratus ribu. Ternyata eh ternyata untuk mendapatkan alat tes yang dibutuhkan tersebut tidaklah mudah 3 apotek terkenal di Bogor tidak menjualnya. Saya pun putus asa, padahal deadlinenya semakin dekat.

Setelah saya putus asa, saya kembali menelpon BNN Provinsi tersebut untuk menanyakan dimana saya bisa membeli alat tersebut. Ternyata mereka tidak tahu dimana saya bisa mendapatkannya, mereka juga tidak memiliki koperasi yang menjual alat tersebut, bahkan BNN Provinsi tersebut berkata bahwa mereka membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari untuk menerbitkan SKBN tersebut. Baiknya mereka merekomendasikan saya untuk menelpon BNN Kota Jakarta Selatan, infonya sih BNN tersebut bisa mengeluarkan SKBN juga.

Saya menelpon dan akhirnya saya mendapatkan informasi yang saya cari. Saya bisa mendapatkan SKBN tanpa membawa alat, membayar murah sekitar Rp. 100.000,- dan prosesnya cepat hanya 1 jam. Tanpa berpikir panjang saya langsung pergi dan melakukan pengecekkan disana. Lokasinya di Kantor Walikota Jakarta Selatan lantai 14. Petugasnya ramah-ramah bahkan mereka bisa membantu saya mengeluarkan surat tersebut dengan cepat karena dimana hari saya melakukan test adalah hari terakhir mengumpulkan persyaratan lamaran.











24 komentar:

  1. boleh minta alamat nya ga gan yang di jakarta selatan itu ..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kantor walikota Jakarta Selatan, Jalan Prapanca Raya No. 9, RT.01 / RW.01, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12160, Indonesia

      Hapus
    2. Buka jam brp sampe jam brp?

      Hapus
  2. trims banyak Mba, informasinya sangat membantu sekali

    BalasHapus
  3. mba untuk bnn ini masa berlakunya sampai berapa lama ya? makasih

    BalasHapus
  4. Mba, untuk persyaratannya sendiri ada yg perlu dibawa ga ya? Seperti kartu identitas dsb?

    BalasHapus
  5. Mbaa untuk syarat yg harus d bawa apa saja ya? Dan jam oprasionalnya jam brpa dan hari apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fc ktp. Datang saja sebelum jam 9 sampai sebelum jam 12 lebih baik

      Hapus
    2. Fc ktp. Datang saja sebelum jam 9 sampai sebelum jam 12 lebih baik

      Hapus
  6. Mbak ini bnn sabtu buka tidak?

    BalasHapus
  7. Mba sy bs minta nmr tlpn bnn nya?

    BalasHapus
  8. kantor walikota Jakarta Timur bisa ga mba?

    BalasHapus
  9. Mba klw SKBN masa berlakunya berapa lama yah?

    BalasHapus
  10. Memang nya bisa bikin tidak sesuai domisili ktp kita ya

    BalasHapus
  11. mbak ini masih update kan? punten

    BalasHapus
  12. Kalo sekarang masih bisa nggak ya di bnnk jaksel? Atau udah ga bisa?

    BalasHapus
  13. Kalau buatnya tidak sesuai domisili. Harus pakai syrat keterangan donisili tidak ?

    BalasHapus
  14. Ada masa berlakunya ga yh?soalnya sdh prnh bwt wkt bln feb.bisa di gunakan lg ga yh?

    BalasHapus