Kamis, 10 November 2016

Atur Masa Depanmu, Atur Uangmu



Punya uang, bingung!
Gak punya uang, lebih bingung lagi!

Hal ini hampir dirasakan oleh semua orang, terutama kamu yang kemaren pengangguran terus sekarang sudah bekerja dan pegang uang. Hati-hati saja ya, jangan sampai kalap dan habis ditengah jalan loh!! Bisa-bisa belum tanggal tua sudah habis duluan gajinya. Hehe

 
Mumpung Masih Muda
Jangan mentang-mentang masih muda, baru pertama kali pegang uang, dan karena hasil jerih payah sendiri makanya kamu bisa seenaknya menghamburkan uangmu. Pemikiran kayak gini nih yang salah dan harus diluruskan. Justru karena kamu masih muda, kamu harusnya punya pemikiran panjang masalah keuangan. Apalagi kamu yang merasa gajinya pas-pasan dan  dirasa belum cukup untuk memenuhi kehidupan. Strategi terbaik dalam mengatur uang sangat diperlukan.

Berharganya satu Rupiah
Kebiasaan mengatur uang dimasa muda sama pentingnya loh dengan kebiasaan menjaga kesehatan dari muda. Sekarang mungkin kamu adalah pegawai sebuah perusahaan dengan gaji tetap, tapi siapa sih yang bisa menjamin hal itu akan berlangsung lama dan selamanya? Belum lagi tragedi lonjakan inflasi, krisis moneter atau PHK besar-besaran diluar sana yang akan menjadi ancamanmu. Kamu sudah taukan rasanya lelah mencari uang, maka jangan sia-siakan tiap rupiah untuk hal yang tidak bermanfaat.

Jadi Orang Kaya di Masa Tua
Mengatur uang dimasa muda bukan berarti kita bersikap pelit dengan akebutuhan diri sendiri. Yuk coba pintar memilah mana yang merupakan kebutuhanmu dan mana yang merupakan keinginanmu semata. Mengatur keuangan memang membutuhkan strategi dan pengorbanan yang sangat besar tapi percayalah tidak ada ruginya ketika kita belajar kritis pada dirisendiri dalam mengatur keuangan. Simak deh beberapa tips mengatur keuangan yang biasa sering dilakukan orang-orang sukses pada umumnya.
  1. Menabung : Tak dipungkiri lagi, menabung adalah hal utama yang harus kita lakukan dalam mengatur keuangan. Orang-orang yang kamu lihat hari ini tidak semata-mata langsung kaya loh, mereka mencoba menyisihkan beberapa persen pendapatannya untuk ditabungan. Semakin besar persenan yang kamu bagi untuk tabunganmu maka semakin besar pundi kekayaanmu dimasa depan.
  2. Hindari berhutang: Hutang adalah hal pertama yang harus kamu hindari, terutama berhutang untuk hal-hal yang tidak penting. Misalnya, kamu rela berhutang demi membeli ponsel keluaran terbaru padahal kamu tidak membutuhkannya. Hayoo, jangan cuma gengsi kamu jadi 'miskin' yah. 
  3. Sisihkan uangmu untuk asuransi dan zakat: Asuransi merupakan salah satu strategi mengatur keuanganmu yang baik loh. Cukup dengan membayar rutin uang yang tidak terlalu besar setiap bulannya, maka kamu sudah tidak perlu lagi memikirkan pengeluaran tiba-tiba yang akan mengacaukan stabilitas keuangan kamu. Misalnya dana tiba-tiba untuk kesehatan, kerusakan kendaraan atau perlindungan rumah akibat bencana nantinya. Kamu bisa cobain deh berasuransi sejak dini di Sinarmas MSIG Life. Ada banyak tawaran asuransi disana yang kamu bisa pilih. Iurannya gak terlalu mahal, klaim yang cepat dan tidak menyulitkan nasabah loh.
    Selain asuransi, jangan lupa juga sisihkan uang untuk membayar zakat ya. Ingat, ada hak orang lain tiap hartamu.
  4. Konsisten memanajemen uang kamu : Sudah punya strategi mengatur uangmu, sudah melakukan banyak tips tapi tidak konsisten dalam menjalankannya, yah sama saja bohong dong. Hehe. Ingat yah, untuk mencapai kestabilan keuangan kamu dimasa depan kamu perlu bersikap konsisten setiap bulannya.
So, pada akhirnya kecerdadan mengatur uang adalah kunci utama untuk mencapai kestabilan finansial dimasa depan. Percuma saja punya gaji besar jika kita tidak bisa mengelolanya. Mengatur uang bukan berarti menyiksa diri karena ada beberapa hal yang harus dibatasi. #SmileWithMe lah. Hanya saja kita sedikit memberi ruang pergi dari kenyamaan yang tidak perlu. #YukAturUangmu sedari muda supaya kebiasaan ini berlanjut sampai masa tua.
www.sinarmasmsiglife.co.id

1 komentar:

  1. Sangat inspiratif mbak, setidaknya memang kita sedari muda harus benar-benar belajar mengatur uang demi masya depan dengan cara menabung lebih-lebih kalau mau ikut asuransi....dijamin masa depan gemilang...

    BalasHapus